Friday 9 October 2009

manusia menjadi manusia

Bagaimana Manusia Menjadi Manusia.
Bagaimanakah agar manusia itu menjadi manusia? Atau dengan pertanyaan lain, bagaimanakah carranya agar manusia itu dapat secara optimal menjalankan peran-perannya , sehingga tetap sebagai makhluk Allah yang terbaik dan mulia?
Terhadap permasalahan ini dapatdiberikan jawabannya secara singkat: manusia akan menjadi manusia yang mampu menjalankan perannya secara optimal kalau kepada mereka diberikan bekal pendidikan dan pelatihan secara efektif dan efisien sesuai tuntunan dan tuntutan Islam.
Sedikit ilustrasi yang berkaitan denngan masalah ini, kiranya perlu dikembangkan sosiologi kelas yang islami.misalnya di dalam kelas itiu dibagi tiga kelompok tinggi. Jika hal ini dikaitkan
dengan Al Qur’an surah An-Nahl : 125; maka kepada kelompok menengah, secara mau’idhah hasanah. Dan kepada kelompok tinggi diberikan pelajaran secara jadil

Untuk Apa Manusia Diciptakan.
Menjawab permasalahan terakhir ini, kata kunci yang penulis gunakan adalah belajar. Jadi kalau dipertanyakan, untuk aoakah manusia itu diciptakan tuhan? Manusia diciptakan Tuhan untuk belajar di sepanjang hayatnya.
Materi yang dipelajari? Mempelajari kedudukan dirinya sebagai makhluk ciptaan Allah yang terbaik,mulia, dan multi dimensional. Mempelajari peran-perannya sebagai khalifah, abid, dan waratsat al- anbia’. Mempelajari dan mengefaluasi proses- proses belajar yang telah dilaluinya. Mengorek kesalahan yang lalu, meneliti kekurangan sekarang, dan memprediksi kemajuan mendatang.dan seterusnya... dan seterusnya...... hingga akhir hayatnya. Karena Rasulullah SAW. Pernah bersabda: seseorang yang meniti titian belajar , maka Allah akan menuntunnya menuju jalan ke arah sorga. ( H.R. Abu Dawud, dari Musaddad).

No comments:

Post a Comment